WILUJENG SUMPING

14 Jul 2008

Setelah beberapa periode .. PP jkt-bdg (dikatakan promosi .. silahkan)

Anda dapat mengunjungi www.bandung.go.id untuk informasi terbaru. Semoga berguna bagi anda warga Serpong yang merencanakan pergi ke Bandung.
Kemudahan akses transportasi dan kelengkapan fasilitas kota Bandung membuat Ibu kota provinsi Jawa Barat ini memiliki tempat tersendiri di mata penduduk Jakarta di saat akhir pekan.

Temperatur yang relatif lebih nyaman dibanding Jakarta karena letaknya yang 700 meter diatas permukaan laut, didukung kemudahan sarana akomodasi, beragamnya kegiatan wisata alam dan belanja yang bisa dilakukan, membuat kota ini bertambah semarak dengan kehadiran warga Ibu kota disetiap akhir pekan.

Dibukanya tol Cipularang membuat Jakarta dan Bandung seolah menyatu. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi jarak dari Cawang sampai dengan pintu tol pasteur dalam kondisi lalulintas normal dapat ditempuh dalam kurun waktu 2 jam saja. Pastikan tangki bahan bakar anda penuh sebelum berangkat karena belum ada Pom bensin di sepanjang jalan tol Jakarta Bandung.

Untuk menuju Bandung ada beberapa pilihan rute yang bisa anda lewati. Jalan raya Cianjur puncak sebelum Tol Cipularang beroperasi adalah rute favorite yang banyak digunakan, meskipun sering dilanda kemacetan rute ini menawarkan panorama yang indah untuk dilalui.

Dengan adanya tol Cipularang kini Lalu lintas di Puncak pada akhir pekan dikabarkan relatif berkurang kepadatannya.

Rute Subang memiliki panorama yang sama indah seperti melalui puncak terutama selepas kota subang menuju Lembang, selepas tol Sadang arahkan lurus kendaraan anda jika ingin melalui rute Subang.

Jika anda memiliki waktu luang, rute ini memiliki pemandangan yang indah dan anda dapat mampir di dua tempat wisata Ciater dan Gunung Tangkuban Parahu. Makan ayam goreng Brebes di Lembang setelah lelah mengemudi menjadikan perjalanan lebih mengasyikan.

Jika anda senang bercocok tanam, arahkan kendaraan anda melalui Jl Sersan Bajuri, lalu kearah Cihideung Parongpong, memang agak memutar tetapi jalan alternatife ini akan membawa anda di lokasi wisata bunga yang indah sebelum tiba di Ledeng.

Kereta Api
Merupakan pilihan moda transportasi umum favorite untuk mencapai kota Bandung. Dengan menggunakan kereta api, selain relatif nyaman, anda akan dengan mudah sampai di pusat kota Bandung tanpa harus terjebak kemacetan dijalan raya. Pada saat akhir pekan, Jika anda tidak ingin repot berurusan dengan calo atau kesulitan mendapatkan tiket, sebaiknya lakukan pemesanan seminggu sebelum keberangkatan.

Letak St. Hall Stasiun besar kota Bandung yang dipusat kota menjadikan kereta api lebih efisien dalam menghemat waktu perjalanan anda.

Bus
Bandung dapat diakses 24 Jam dari Terminal Kampung Rambutan. Tiket bus executive sekitar Rp.40.000. Bus akan berangkat setiap 1 jam, tetapi selepas tengah malam bus akan menunggu sampai kursi terisi penuh.

Dari terminal Lebak bulus ke Bandung dilayani oleh Primajasa & MGI dua operator bus Jakarta - Bandung yang relative baik kondisi kendaraan dan pelayanannya dibanding operator lain. Bus terakhir berangkat dari Lebak bulus sekitar jam 17. Selain kedua terminal tersebut, bus ke Bandung bisa anda dapati dari Depok, Cepaka putih, Tanjung priok. Bus transit dari arah Merak yang bisa anda naiki dari Slipi. Dari Arah Jakarta bus bus ini akan berakhir di terminal Leuwi panjang dibagian selatan kota Bandung, dimana anda dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai penjuru kota Bandung dengan taksi maupun angkot.

Pesawat Udara
Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Halim Perdana kusuma. Merpati dan Deraya melayani rute ini secara reguler setiap harinya. Anda akan disuguhi pemandangan menarik sepanjang perjalanan. Setibanya dibandara Husein Sastra Negara, Jangan lupa untuk meggunakan Loket Taksi disamping kiri pintu keluar kedatangan domestik. Tarif yang digunakan adalah per-area, hal ini sebaiknya anda lakukan jika tidak ingin repot tawar menawar argo dengan pengemudi taksi yang akan anda gunakan.

Transportasi Selama di Bandung

Taksi
Andai saja Taksi di Bandung memiliki pelayanan yang sama dengan taksi di Jakarta, tentulah kota ini menjadi semakin nyaman bagi para pendatang. Meskipun dipasang argo seperti taksi pada umumnya, para sopir kebanyakan enggan menggunakannya, kecuali jika kita melakukan pemesanan lewat telephone.

Semua Taxi sama saja, pastikan anda memilih taxi yang laik jalan karena sebaghian besar Taxi-taxi tersebut sudah harus dipensiunkan. Jangan segan-segan untuk menawar dan berlagak tidak butuh atau seolah merubah pikiran untuk menggunakan angkot. Persaingan diantara para pengemudi taxi sedikit membuat tawar menawar menjadi mudah. Jika memungkinkan jalanlah sedikit menjauh dari tempat para taxi mangkal dan pilihlah taxi yang menyendiri atau taxi yang sedang lewat.

Jangan terlalu berharap sopir akan menyalakan AC selama perjalanan. Satu hal yang melegakan, jarang terjadi kasus kriminal yang melibatkan taxi di Bandung.

Terakhir info yang penulis dapat kini salah satu operator Taxi terkemuka di Jakarta sudah beroperasi di Bandung, hal ini akan mempermudah dan membuat mobilitas anda lebih nyaman selama di Bandung

Angkot & Bus Damri
Jika anda tidak membawa kendaraan sendiri, angkutan kota atau Angkot adalah sarana transportasi yang murah meriah dan tidak sesulit seperti mendapatkan Taksi. Becak dan ojek banyak dijumpai di daerah pemukiman. Buskota di Bandung dikelola oleh perum Damri.

Meskipun menunggu bus Damri ini terkadang akan sangat menyita waktu anda, namun untuk rute-rute jauh trayek bus in sangat efektive. Untuk jarak dekat penggunaan angkot beberapa kali untuk sampai suatu tujuan kadang akan lebih cepat.

Kemacetan Bandung terkadang tidak masuk akal, bahkan bagi anda yang sudah terbiasa dengan kemacetan Jakarta. Sebagai kota yang dirancang sebagai tempat bermukim, jalanan kota Bandung dibeberapa tempat terasa tidak mampu lagi untuk menampung volume kendaraan.

NGAPAIN AJA DI BANDUNG ?

Factory Outlet
Berburu pakaian dan barang barang bermerk di Bandung dengan harga miring menjadi pilihan berakhir pekan yang menarik. ( Sejarah Factory Outlet )

Pusat perburuan pakaian ini terletak disepanjang jalan H. Juanda ( Dago ) dan RE Martadinata ( Riau ). Namun selain tempat- tempat tersebut FO juga menyebar di beberapa tempat di seluruh Bandung.

Setiap FO menawarkan tema-tema yang khas untuk di jual. Di Jalan RE Martadinata dan Dago anda akan menemui FO yang bertema beragam seperti Oriental, Timur tengah maupun kesan glamour dengan harga yang tentu saja sangat bersaing. Bangunan bangunan tua peninggalan Belanda yang digunakanpun dapat menjadi tema yang menarik untuk menarik pengunjung.

Beberapa FO Bandung telah melebarkan sayap ke Jakarta dan sekitarnya, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakan Ibu kota untuk berburu pakaian di FO Bandung. FO Bandung seolah memiliki magnet tersendiri, beberapa pendapat mengatakan FO Bandung menawakan koleksi yang beragam dan selalu saja anda dapat
menemukan sesuatu yang baru dan menarik untuk di beli.

Selain di dua tersebut diatas, di Jl Setiabudi & Sari jadi terdapat pula beberapa FO yang harus anda kunjungi karena tidak kalah menariknya serta beragam koleksi yang mereka miliki.

Garment & Tekstil
Konon sekitar 40 % produk garment dan tekstil Indonesia berasal dari Bandung, kawasan Cigondewah menjadi surga bagi anda yang mencari tekstil murah, konon disini tempat sisa export maupun order textiles yang tidak jadi di export dijual di pasar lokal. Namun Anda harus berhati- hati belanja di kawasan Cigondewah ini karena Textiles reject pun banyak dijual di sini, namun anda tidak perlu khawatir bahkan anda kadang akan mendapatkan textiles dengan harga yang sangat miring yang penting adalah ketelitian.

Selain Cigondewah, ITC Kebon kelapa dan Pasar Baru Bandung juga akan menawarkan keasyikan sendiri untuk anda yang mencari textile maupun garment. Banyak diantara para pedagang disana adalah pelaku home industri yang langsung memasarkan produk mereka di tempat ini.

Buku
Jika anda seorang pecinta buku dan sedang mengunjungi kota Bandung maka anda harus menyempatkan diri untuk singgah di pusat grosor buku di Palasari.
Beragam jenis buku di jual 20% lebih murah dibanding di toko-toko buku besar di mal-mal. Sebagai pusat pendidikan di kawasan Jawa Barat, Palasari selalu dipenuhi pelajar dan Mahasiswa yang berburu buku dengan harga miring.

Toko Bandung Book Centre adalah salah satu toko yang memiliki koleksi yang lumayan lengkap. Sebaiknya sebelum kesana anda sudah mempersiapkan buku-buku yang anda inginkan karena memilih buku di Palasari tidak senyaman di toko buku besar di mal-mal. Jangan segan untuk bertanya pada pelayan disana yang akan mengecek dengan cepat di data base komputer mereka.

Bagi anda pemburu buku bekas, kadang anda akan mendapatkan harta karun yang anda cari dengan harga murah, tentu saja anda harus sabar dan jeli mencari buku-buku yang anda inginkan.

BANDUNG SELATAN
Kawasan Bandung selatan relatif lebih tenang dibanding kawasan bandung utara dimana terdapat Dago, lembang dan tangkuban parahu disana. Kawasan Bandung selatan ini lebih sepi namun memiliki panorama yang tidak kalah menariknya. Pengalengan
Sebuah kota yang sejuk dengan ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut terletak 40 km diselatan kota Bandung dapat ditempuh dalam 45 menit sampai dengan 1 Jam dari Pusat kota Bandung.

Setelah anda melewati kota kecamatan Banjaran anda akan disuguhi pemandangan perkebunan yang menarik sepanjang perjalanan.

Kota Pengalengan ditandai dengan terminal bus dan gedung perkantoran milik KPBS ( Koperasi Peternak Bandung Selatan), koperasi yang cukup terkenal dengan hasil susu murni para peternak sapi anggotanya.

Pusat kota Pengalengan

Tujuan wisata utama di kota ini terletak di Situ Cileunca 4 Km dari pusat kota dimana anda dapat melakukan aktifitas outdoor seperti camping & trekking di areal perkebunan setempat atau hanya sekedar bersantai menikmati pemandangan. Petunjuk jalan di kota ini akan membantu anda menuju tempat ini.

Situ Cileunca
Suguhan utama di situ Cileunca yang juga merupakan aktifitas yang paling menarik di Pengalengan adalah rafting di sungai Palayangan. Rute rafting sejauh 4,5 km yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 2,5 jam. Selama mengarungi sungai Palayangan anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Hubungi Operator outdoor di kota Bandung apabila anda ingin melakukan aktifitas ini.

7 km berlawanan ke arah selatan kota terdapat perkebunan dan Pabrik teh Malabar yang indah serta kolam pemandian air panas Cibolang. Sayang kondisi kolam renang ini kurang terawat. Menelusuri perkebunan teh Malabar anda akan disuguhi pemandangan perkebunan yang eksotis dan alami . Jika anda terus keselatan sekitar 25 km anda akan sampai ke kawah gunung Papandayan.

Perkebunan Teh Malabar
Pengalengan dapat dicapai dengan mudah dari Bandung karena memiliki akses angkutan umum 24 jam. Tidak ada daya tarik khusus untuk menghabiskan malam di Pengalengan, tetapi jika bermaksud bermalam, maka Hotel Dewi yang terletak di pintu masuk kota dan Hotel Puri Pengalengan yang terletak di pusat dapat anda pertimbangkan. Di Jalan menuju perkebunan teh Malabar ada pula beberapa hotel dan guess house yang dapat anda gunakan untuk menginap.

Jika anda belum lelah dan berniat meneruskan kunjungan anda diwilayah selatan Bandung ini sebaiknya anda bermalam di Ciwidey sebuah kota kecil 25 Km di barat Pengalengan.

Ciwidey

Sebagai daerah tujuan wisata utama di selatan kota Bandung, Ciwidey memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Lokasi wisata yang tidak begitu jauh antara satu objek dengan objek lainya menjadikan Ciwidey memungkinkan untuk anda telusuri hanya dalam waktu satu hari.

Namun, untuk menghargai seluruh keindahan Ciwidey pilihan untuk menginap merupakan pilihan yang menarik dan pantas anda pertimbangkan. Banyak hotel yang dapat anda gunakan untuk menginap di kota tersebut.

Atraksi utama ciwidey adalah Situ Patengan dan Kawah Putih, disamping itu jika anda gemar camping anda dapat mendirikan tenda di samping kendaraan anda di Ranca Upas. Ditempat tersebut juga tempat penangkaran rusa.

Kolam renang air panas dapat menjadikan pilihan melepas penat mengemudi dan mengusir udara dingin disana. Memetik Strawberry langsung dari perkebunannya menjadikan wisata di ciwidey ini menjadi lengkap sepanjang perjalanan menuju objeck wisata dari kota Ciwidey anda akan banyak menemui perkebunan strawberry yang menawarkan

Jika anda menggunakan kendaraan sendiri maka dari arah pintu tol Kopo arahkan kendaraan anda menuju Soreang kearah selatan. Pastikan anda memiliki uang cash yang cukup karena ATM terakhir berada di Soreang kota kecil sekitar 15 Km sebelum Kota Ciwidey ATM tersebut adalah ATM bersama milik BRI .

Kendaraan umum menuju Ciwidey dari Bandung dapat anda temui di Terminal Kebun Kalapa maupun Leuwi Panjang. Setelah anda sampai di Kota Ciwidey maka anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Angkutran pedesaan dengan tujuan Situ Patengan. Objek wisata Kawah Putih, Ranca Upas, & Kolam renang air panas akan terlintasi oleh angkutan pedesaan yang menuju Situ patengan ini.

Untuk menghargai seluruh keindahan Ciwidey sepertinya tidak akan cukup jika hanya menghabiskan satu hari untuk menjelajahi wilayah ini, banyak sekali Objek wisata alam yang bisa kita nikmati. Bahkan jika anda memiliki jiwa petualangan yang kental dan didukung dengan kondisi kendaraan yang memungkinkan dari Situ Patengan anda dapat meneruskan perjalanan menuju Cianjur.

Kawah Putih
Dapat dicapai sekitar 20 30 menit dari kota ciwidey. Setelah membayar retribusi di pintu masuk anda dapat menggunakan kendaraan khusus untuk mencapai kawah tersebut yang berjarak sekitar 5 km dari pintu masuk.

Jika anda membawa kendaraan sendiri anda dapat langung menuju tempat parkir yang luas yang tersedia tidak jauh dari kawah. Udara dapat berubah menjadi dingin di Kawah Putih, namun jangan khawatir banyak pedagang Bandrek dan jagung bakar yang akan menghangatkan badan anda.Pemandangan yang terhampar di tempat ini sunggu eksotis, tidak heran maka banyak video klip maupun film-film nasional dibuat di tempat ini.


TAGS


Comment
  • Greenapple2008 9 years ago

    gua pernah ke kawah putih,seyem banget lait airnya ijo gitu,terus kalo tiba2 kabut dateng tambah seyem….

    ..tp indah kok

  • sondaj 9 years ago

    Mesaj

-

Author

Follow Me